PENGENALAN PUPUK

PENGENALAN PUPUK DAN CARA  PEMUPUKAN

Suatu pupuk meruapakan bahan yang memberikan zat hara bagi tanah dan tanaman. Pupuk dapat diberiakan pada tanah atau tanaman melalui akar maupun batang. Sedangkan pupuk yang lengkap yaitu pupuk yag mengandung unsur N, P, K, dan kompos. pupuk dapat merubah sifat fisik, kimia, dan biologi suatu tanaman, sehingga akan membantu pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman.

Berdasarkan jenisnya, pupuk ada dua macam yaitu pupuk oragik dan pupuk anorganik. Pupuk oraganik yaitu pupuk yang diperoleh dari alam (dibuat sendiri). Sedangkan pupuk organik meerupakan pupuk yang dibeli dari pabrik dengan meramubahan kimia yang berkadar hara tinggi. Masing-masing pupuk tadi saling membantu sama lain dalam menyuburkan tanah dan tanaman. Karena tanaman tidak hanya membutuhkan unsur kimia saja, tetepi juga unsur oragik juga.

Untuk mendapatkan hasil produksi tanaman yang dibudidayakan perlu adanaya perawatan dan pemupukan yang sesuai dengan dosis yang tepat. Kemudia sebelum memberikan pada tanaman, pengguan harus mengetahui cara pengguanannya, agar tidak merusak tanaman.  Cara pemupukan tergantung dari jenis tanaman yang sedang dibudidayakan dan tempat budidaya. sedangakan cara pemberiannya meliputi; Pertama dengan cara ditabur atau disebar. Cara ini biasa digunakan untuk jenis pupuk yang berupa pupuk butiran serbuk. Caranya yaitu dengan menaburkan keseluruh lahan yang ditanami. Kedua yaitu dengan cara meletakkan diantara larikan atau barisan.Caranaya yaitu pupuk diletakkan diantara larikan, kemudian pupuk tersebut ditutup dengan tanah. Cara ini sangat cocok untuk teknik penanam sistem jajar legowo. Ketiga yaitu ditempat pada lubang.  Cara ini pupuk dibenamkan kedalam lubang yang dibuat disamping batang, kemudian ditutup kembali dengan tanah.

Sedangkan prosedur kerja dalam pemupukan tanaman padi yaitu sebagai berikut

ü  Pada padi sawah, pupuk diberikan denganterlebih dahulu menutup saluaran air irigasi yang dialirkan lahan agar lahan menjadi kering.

ü  Setela itu beri pupuk dengan salah satu dari ketiga cara diatas.

ü  Tunggu beberapa hari, agar pupuk benar-benar meresap pada tanag dan akar, kemudian lahan dapat diairi kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s